Manajemen
PeranManajemen
1.
menurut Henry Mintzberg
Peran Interpersonal : peranhubungan personal dapatterdiridari : = figurkepala
(figur head) : manajermewakiliorganisasi
untukkegiatan-kegiatandiluarorganisasi.
=pemimpin(leader) : manajermengkoordinasi, mengendalikan, memotivasi,
danmendukungbawahan-
bawahannya.
= penghubung (liaison) :manajermenghubungkan
Personal-personal disemuatingkatanmanajemen.
2. PeranInformational :perandarimanajersebagaipusatsyaraf (nerve center) organisasiuntukmenerimainformasiyg paling mutakhirdansebagaipenyebar ( disseminator) informasikeseluruh personal di organisasi. Peraninformasilainnyaadalahmanajersebagaijurubicara (spokesman) untukmenjawabpertanyaan-pertanyaantentanginformasiygdimilikinya.
3. Perandecisional : yang dilakukanolehmanajeradalahsebagaientreprenuer, sebagai orang ygmenanganigangguan, sebagai orang ygmengalokasikansumber-sumberdayaorganisasi, dansebagainegosiatorjikaterjadikonflik di dalamorganisasi.
LatarBelakangSejarahmanajemen
1.
ManajemenKuno
Mesir (piramid) and China (TembokBesar China)
BangsaVenesia (liniperakitankapalperang)
2. Adam Smith
Mempublikasi “The Wealth of Nations” pdtahun 1776
Pendukung konseppembagian/spesialisasikerja (division of labor: job specialization) untukmeningkatkanproduktivitaspekerja
3. RevolusiIndustri
Menggantitenagamanusia dg tenagamesin
Menciptakanorganisasibesarberdasarkankebutuhan manajemen.
Mesir (piramid) and China (TembokBesar China)
BangsaVenesia (liniperakitankapalperang)
2. Adam Smith
Mempublikasi “The Wealth of Nations” pdtahun 1776
Pendukung konseppembagian/spesialisasikerja (division of labor: job specialization) untukmeningkatkanproduktivitaspekerja
3. RevolusiIndustri
Menggantitenagamanusia dg tenagamesin
Menciptakanorganisasibesarberdasarkankebutuhan manajemen.
Proses
Manajemen
Merupakanserangkaiankeputusandankegiatankerjaseorangmanajersewaktumerancang, mengatur, ataumenorganisasi, memimpinataumelaksanakankegiatanusahadanmengnendalikanusahanya.Setiapwaktumanajeritumelakukanpekerjaanpengelolaanusahanya, kegiatanparapebisnisituseringkalidilakukansecaraterusmenerustiadahentiyaknidalamsuatu proses.
Paramanajer atau pebisnis atau usahawan memiliki beberapa peran manajer tanpa memperdulikan jenis organisasi atau tingkatan di dalam organisasi adalah menjalankan peranan yang samadan yang berkaitandenganperilaku:
Merupakanserangkaiankeputusandankegiatankerjaseorangmanajersewaktumerancang, mengatur, ataumenorganisasi, memimpinataumelaksanakankegiatanusahadanmengnendalikanusahanya.Setiapwaktumanajeritumelakukanpekerjaanpengelolaanusahanya, kegiatanparapebisnisituseringkalidilakukansecaraterusmenerustiadahentiyaknidalamsuatu proses.
Paramanajer atau pebisnis atau usahawan memiliki beberapa peran manajer tanpa memperdulikan jenis organisasi atau tingkatan di dalam organisasi adalah menjalankan peranan yang samadan yang berkaitandenganperilaku:
- Peranantarpribadi yang merupakanperankomunikasiantar orang (misalnyamemberikansapaankepadapihakpelangganataucalonpembelidalamhalmenawarkanproduknya), peranmanajerial (misalnyaantarapimpinandankaryawanataubawahandan orang di luarorganisasi) dansebagaipenghubungantarausahanyadengancalonpeminjam, pembeliprodukdenganpengusaha lain
- Peraninformasional yang meliputimenaridanmenerimamengumpulkaninformasi (untukmeningkatkanusaha, melakukankontakpribadi) danmenyebarkaninformasiMisalnyamelakukanpertemuandengankaryawan,pihak lain dalamrangkakegiatanusahadanpelanggan), danjurubicara(meneruskaninformasikepadaberbagaipihakuntukmeyakinkanusahanya);
- Peranpengambilankeputusan, yang berkisarmembuatpilihan yang meliputiwirausahawan (misalnyamencaripeluangdaninisiatifuntukperbaikanusaha), penyelesaigangguan (berupayauntukmenghadapigangguanataukrisis yang mendadakdalamkegiatanusahanya), pembagisumberdaya (misalnyamenyusunalokasipenggunaanuang, dankegiatankaryawan), danperunding (berperandalamperundingankerjasamaataukontrakataucalonpemberipinjaman).
Fungsi-fungsimnajemen
Fungsifungsimanajemendapatdiringkasmenjadiempatfungsidasardan
paling penting:
1. Merencanakan:
1. Merencanakan:
Fungsiinimencakupmenetapkansasaran,
menetapkanstrateji,
danmenyusunrencanauntukmemadukandanmengkoordinasikansejumlahkegiatanuntukmencapaisasaran.
2.
Mengorganisasi:
Fungsiinimencakupmenentukanapa
yang perludilakukan, bagaimanacaramelakukan, dansiapa yang harusmelakukan,
dansiapamelaporkepadasiapa.
3. Memimpin:
Tugasmanajemenadalahbekerjadanmelalui
orang lain, fungsinyaadalahmengarahkandanmemotivasi, mempengaruhidanindividuatautimuntukbekerja,
memilihsalurankomunikasi yang efektifataumenyelesaikankonflik
4. Mengendalikan:
Fungsiiniuntukmenjaminsesuatuberjalansebagaimanamestinyadenganmemantaudanmenilaikinerjadenganmembandungkankinerjaaktualdengansasaran
yang yangtelahditetapkan.
Fungsi-fungsipentingmanjaementersebut
di atasbertujuanuntukmenghasilkanpencapaiantujuan yang
dinyatakanolehorganisasi.
Ciri-cirimanajerprofesional
Seorangmanajerprofesionalsetidaknyaharusmemenuhibeberapapersyaratanpokokberikutini:
a) Mempunyaipengetahuandanwawasan yang
luastentangbidangbisnisdanorganisasi yang ditanganinya.
Syaratiniadalahsyaratpokok yang harusdimilikiolehseorangmanajerprofesional.
Tanpapengetahuandanwawasan yang luas,
bagaimanabisamanajertersebutbisamenjalankanorganisasinyasecaraefektifdanmenghasilkankeuntunganbagibisnis
yang dijalankannya.
b) Mempunyaikepribadian yang
baikdantangguhsesuaidengannorma-norma yang berlakusecaraumum di masyarakat.
Seorangmanajerprofesionalharusseorang yang mempunyaibudipekerti yang luhur.
Perilakuseorangmanajerharussesuaidengannilai-nilaipositif. Dengandemikian,
sumberdayamanusia yang berkualitasadalahsyaratpenting yang
harusdimilikiolehseorangmanajerprofesional.
c)
Mempunyaipengalaman
yang luasdalambidangbisnis yang dijalankannya. Sepertikitasemuaketahui,
pengalamanadalahlebihpentingdaripadapengetahuan.
Pengetahuantanpadisertaidenganpengalaman yang
memadaitidakakanbanyakbergunadalammenghasilkan output yang
bernilaipositifbagiorganisasibisnis. Pengetahuan yang
luasdisertaidenganpengalaman yang luasadalahsenjatautamabagikeefektifankerjaseorangmanajerprofesional.
d) Mempunyaikemampuanbersosialisasi yang baik.
Tugasseorangmanajeradalahmengurus orang-orang yang ada di bawahnya.
Tanpakemampuansosialisasi yang baik, tidakmungkinakantercapaisuatuhubungan yang
salingmenguntungkanantaraatasandanbawahan.
Kemampuansosialisasisangatpentinguntukmengarahkanbawahanmenujutercapainyatujuanorganisasi.
e) Mempunyaikemampuanmanajerial yang memadai.
Kemampuanmanajerialadalahpengetahuanutama yang
harusdimilikiolehseorangmanajerprofesional. Kemampuaninibisadipelajari di
sekolah-sekolah formal ataumelaluikursusataumelaluibuku-bukumanajemen.
Ilmumanajerial yang hebatakanmenjadinilailebih yang
sangatbagusbagiseorangmanajeruntukdapatmenjalankanorganisasisecaraefektifdanefisien.
Ketrampilanmanajemen
yang dibutuhkan
Menurut Robert L. Katz:
·
KeterampilanKonseptual (conceptual skill)
·
Keterampilanberhubungandengan orang lain (humanity skill)
·
KeterampilanTeknis (technical skill)
Menurut Ricky W. Griffin:
·
KeterampilanManajemenWaktu
·
KeterampilanMembuatKeputusan
Organisasi
- DefinisidanPengertian Organisasi
1.
OrganisasiMenurut
Stoner
Organisasiadalahsuatupolahubungan-hubungan yang melaluimana orang-orang di bawahpengarahanmanajermengejartujuanbersama.
Organisasiadalahsuatupolahubungan-hubungan yang melaluimana orang-orang di bawahpengarahanmanajermengejartujuanbersama.
2.
OrganisasiMenurut
James D. Mooney
Organisasiadalahbentuksetiapperserikatanmanusiauntukmencapaitujuanbersama.
Organisasiadalahbentuksetiapperserikatanmanusiauntukmencapaitujuanbersama.
3.
OrganisasiMenurut
Chester I. Bernard
Organisasimerupakansuatusistemaktivitaskerjasama yang dilakukanolehdua orang ataulebih.
Organisasimerupakansuatusistemaktivitaskerjasama yang dilakukanolehdua orang ataulebih.
http://hmti.wordpress.com/2008/02/22/definisi-dan-pengertian-organisasi/
·
Pengertianorganisasi
Organisasiadalahsekelompok
orang (duaataulebih) yang secara formal
dipersatukandalamsuatukerjasamauntukmencapaitujuan yang telahditetapkan.
Pentingnyamengenalorganisasi
Organisasitakhanyapentinguntukdikenaltetapijugapentinguntukterlibatdidalmnyaataumenjadianggotadarisebuahorganisasitersebut,
karenadenganberorganisasikitadapatbertukarinformasi,menambahwawasan, danmasih bnyak manfaat positive lainnya yang kitadapat.
Bentuk-bentukorganisasi
- · OrganisasiGaris :diciptakanoleh Henry Fayol.
Organisasiinihanyamengenalsatukomando.Satuwewenang
yang
turunlangsungdaripempinkebawahan,
mulaidarimanajerpuncak
langsungkemandor,
bawahanbertanggungjawablangsungpadaatasan.
- · OrganisasiGarisdanStaf :diciptakanoleh Harrington Emerson.
Merupakanbentukorganisasi
yang mengambilkelebihan-kelebihandari
organisasigarissepertiadanyapengawasansecaralangsung,
serta
mengambilkelebihan-kelebihandariorganisasistafsepertiadanya
spesialisasikerja.
- · OrganisasiFungsional : diciptakanoleh F.W. Taylor
Bentukorganisasiinimerupakangabungandaribentukorganisasi
fungsionaldanorganisasigarisdanstaf.
Prinsip-prinsipdalamorganisasi
- Kesatuan tujuan
- Divisi kerja dan Spesialisasi
- Delegasi Kewenangan
- Koordinasi : Koordinasi mempengaruhi integrasi pada fungsi dasar manajemen. Prinsip dari koordinasi adalah penting saat ini untuk memfasilitasi pencapaian dari keseluhan tujuan organisasi. Koordinasi tidak akan terjadi secara otomatis. Untuk ini, perlu untuk membangun hubungan yang baik dalam organisasi.
- Fleksibilitas : struktur organisasi seharusnya fleksibel dan tidak kaku. Struktur harus dapat selalu beradaptasi dengan perubahan situasi dan memungkinkan adanya perubahan atau pergantian tanpa memunculkan gangguan yang serius.
- Simple/sederhana : struktur organisasi harus dibuat sederhana untuk pemahaman yang lebih jelas dari karyawan. Struktur juga seharusnya lebih mudah untuk diatur. Komunikasi internal akan lebih mudah jika struktur organisasi lebih sederhana. Struktur organisasi harus sesederhana mungkin .
- Prinsip pengecualian : eksekutif pada level yang level lebih tinggi sibuk dengan hal-hal yang penting dan memiliki batas waktu untuk mempelajari hal-hal administratif rutin. Masalah yang sangat rumit dan luar biasa kompleks harus diselesaikan oleh top management dan masalah rutin harus dihadapi oleh eksekutif yunior pada tingkat yang lebih rendah. Lebih dari itu, waktu dari top management ditabung. Mereka dapat mempergunakan waktu mereka untuk menghadapi masalah yang lebih penting dan kompleks.
- Wewenang & Tanggung Jawab : wewenang bertindak sebagai alat kuat yang digunakan manajer untuk mencapai tujuan tertentu. Wewenang dari setiap manajer harus didefinisikan dengan jelas. Karyawan tidak bisa lari dari tanggung jawab hanya dengan mendelegasikan wewenang kepada bawahannya. Sebaliknya, tanggung jawab atasan pada perilaku bawahannya adalah mutlak.
- Efisiensi : struktur organisasi seharusnya mampu untuk meningkatkan fungsi secara lebih efisien. Untuk itu, struktur harus sesuai dengan nature, ukuran, aktifvitas, dll dari organisasi.
Ketrampilanmanajemen
yang dibutuhkan
- Menurut Robert L. Katz:
·
KeterampilanKonseptual (conceptual skill)
·
Keterampilanberhubungandengan orang lain (humanity skill)
·
KeterampilanTeknis (technical skill)
- Menurut Ricky W. Griffin:
·
KeterampilanManajemenWaktu
·
KeterampilanMembuatKeputusan
Sebabkeberhasilandankegagalanorganisasi
Keberhasilanataukegagalanorganisasipastiberhubungandenganperanparaanggotanya.Suatukeberhasilandapatdicapaibilaadakerjasamaygbaikantarparaanggotanya.Sedangkankegagalandapatdisebabkankarnaadanyafaktor
internal di pengorganisasiantersebyut yang bersifatnegatif.
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar