Jumat, 12 November 2010

Menggunakan Email untuk Komunikasi

SURAT ELEKTRONIK "E-MAIL"

Surat elektronik (disingkat ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau surat digital atau pos elektronik (disingkat pos-el) atau nama umumnya dalam bahasa Inggris "e-mail atau email" (ejaan Indonesia: imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).
Lima langkah dalam proses pengiriman e-mail

Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

A. Berikut adalah cara membuat email dengan menggunakan Yahoo Mail :

1. Ketikkan pada browser (Alamat) à mail.yahoo.com atau mail.yahoo.co.id
2. Klik pada link Sign Up
3. Isikan Data yang diperlukan untuk keperluan identitas. (Yahoo_Id atau Email harus benar – benar beda, jika salah yahoo mail akan langsung memberikan warning).
4. Setelah semua data terisi dan benar, klik link Create My Account
5. Klik button Continue, untuk masuk kedalam page Email.

Anda dapat mengubah menjadi mode mail classic dengan cara mengklik link Mail Classic,

B. Cara Mengirim Email dan File.

1. Klik button Compose pada Mail yahoo anda, lalu akan muncul page berikut ini:
2. Isilah To: > kepada siapa pesan akan dikirim (alamat email yang dituju) dan Subject > Tema Pesan (Note : To dan Subject harus diisi). Isilah juga pesan yang ingin dikirim di kotak yang tersedia. Lalu klik button Send.

C. Cara Mengirim Email Biasa (pesan tulisan)

1. Klik button Attach Files untuk mengambil file yang diperlukan
lalui klik browse untuk mengambil file yang akan dikirim (note : Maximal besarnya file adalah 10 Mb). Lalu klik button Attach Files sekali lagi untuk memulai arsip files.
2. Tampilan yang akan muncul jika pengisian file benar.
3. Lalu klik button send sekali lagi.

D. Cara Masuk kedalam email jika sudah punya Id Email

1. Jika sudah mempunyai Id Email maka yang perlu dilakukan adalah isi textbox yahoo Id dan Password.

2. Lalu klik Sign In untuk masuk ke page email.

E.Etika penggunaan surat elektronik

Etika dalam surat elektronik sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada surat elektronik yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:

* Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 kB). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran tersebut melebihi kapasitas surat elektronik penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia surat elektronik juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran surat elektronik yang dapat diterima (dan dikirim) penggunanya,
* Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
* Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.
* Dalam mengutip tulisan orang lain, selalu usahakan mengutip seperlunya, jangan mau gampangnya mengutip seluruh tulisan orang itu:
* dalam menjawab surat elektronik orang lain, kutip bagian yang kita tanggapi saja, selain lebih jelas juga tidak memakan waktu / jatah akses penerima,
* dalam mengutip tulisan orang ketiga, ingat hak cipta: kutip sesedikit mungkin dan rujuk ke tulisan aslinya.
* Jangan menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
* Gunakan kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar