Kamis, 22 November 2012

Manajemen keuangan perusahaan


Perandantanggungjawabmanajerkeuangan
·        PeranManajerKeuangan
KesuksesansuatuperusahaandipengaruhiolehkemampuanManajerKeuanganuntukberadaptasiterhadapperubahan, meningkatkandanaperusahaansehinggakebutuhanperusahaandapatterpenuhi, investasidalamaset-asetperusahaandankemampuanmengelolanyasecarabijaksana. ApabilaperusahaannyadapatdikembangkandenganbaikolehManajerKeuangan, makapadagilirannyakondisiperekonomiansecarakeseluruhanjugamenjadilebihbaik.Seandainyasecaralebihluasdana-danadialokasikansecaratidaktepat, makapertumbuhanekonomiakanmenjadilambat.

·        TugasManajerKeuangan
Aktivitasperusahaanditinjaudarisudutmanajemenkeuanganmenjaditugasmanajerkeuangan.Tugasnyaantara lain adalahsebagaiberikut :
  1. Perolehandanadenganbiayamurah.
  2. Penggunaandanaefektifdanefisien
  3. Analisislaporankeuangan
  4. AnalisislingkunganInternaldaneksternal yang berhubungandengankeputusanrutindankhusus.
·        TanggungJawabManajerKeuangan
Manajerkeuanganmempunyaitanggungjawab yang besarterhadapapa yang telahdilakukannya. Ada pun keputusankeuangan yang menjaditanggungjawabmanajerkeuangandikelompokkankedalamtiga (3) jenis:
1.   Mengambilkeputusaninvestasi / pembelanjaanaktif (investment decision)
2.   Mengambilkeputusanpendanaan / pembelanjaanpasif (financing decision)
3.   Mengambilkeputusandividen (dividend decision)
Keputusan-keputusantersebutharusdiambildalamkerangkatujuan yang seharusnyadipergunakanolehperusahaanyaitumemaksimumkannilaiperusahaan


·        Penganggaran modal
Penganggaran modal atau capital budgeting ialah rencana kerja keuangan jangka panjang pada suatu proyek investasi. Misalnya penganggaran modal (investasi) pembelian kapal, mendirikan pabrik baru, mendirikan perusahaan baru, dan lain-lain. Karena waktunya panjang, maka risikonya tinggi. Oleh sebab itu, para perencana investasi jangka panjang harus mampu memprediksi pendapatan dan biaya di masa depan.

·        Penggolongan Investasi aktiva tetap dan Pemilihan alternatif
1. Investasipenggantian
Dalamhalinisuatuaktiva yang sudahusang (absolute) harusdigantidenganaktivabarubilaproduksiakantetapdilanjutkan.
2. Investasipenambahankapasitas
Usulpenambahanjumlahmesinataupembukaanpabrikbaru.Investasiinijugabersifatinvestasipengganti.Contohnyamesin yang sudahtuadigantimesinbaru yang lebihbesarkapasitasnyadan yang lebihefisien.
3. Investasipenambahanjenisprodukbaru
Investasiinimempunyaitingkatketidakpastian yang besarkarenamenyangkutprodukbarudisampingproduk yang telah di produksi.
4. Investasi lain-lain
Investasiiniadalahusulaninvestasi yang tidaktermasukdalamketigagolongandiatas, misalnyainvestasiuntukpemasanganalatpemanas (heater), alatpedingin (air conditioner), dansebagainya.
 
·        Metodepenilaianinvestasi

Padaumumnyaterdapat lima metode yang dapatdipertimbangkanuntukdipakaidalampenilaianalirankasdarisuatuinvestasi, yaitu :
  1. Payback Period (PP)
  2. Net Present Value (NPV)
  3. Internal Rate of Return (IRR)
  4. Profitability Index (PI)
  5. Break Even Point (BEP)

·     Arus Kas

ArusKasadalaharusmasukdanaruskeluarkasatausetarakas (cash equivalent) atauinvestasi yang sifatnyasangatlikuid, berjangkapendekdan yang cepatdapat di jadikankasdalamjumlahtertentutanpamenghadapiresikoperubahannilai yang signifikan (IkatanAkuntan Indonesia 2004 : 2.2). ArusKasadalaharuskasmasukoperasidenganpengeluaran yang dibutuhkanuntukmempertahankanaruskasoperasidimasamendatang (Brigham dan Houston 2001 : 47). Dari keduapengertian di atas, dapatdisimpulkanbahwaArusKasadalaharuskasmasukdanaruskaskeluaratausetarakasdalamperiodetertentu yang berjangkapendekdalampengelolaanuang yang dimilikiperusahaan.

·        Av Rate of Return
Kelebihan dari metode ini adalah:
-         Sederhana dan mudah dimengerti
-         Metode ini menggunakan data akuntansi yang sudah tersedia sehingga tidak memerlukan perhitungan tambahan.

Kekurangan utama dari metode ini adalah:
-         Tidak memperhitungkan “time value of money”
-         Menitik beratkan pada laba akuntansi dan bukan pada arus kas dari investasi bersangkutan
-         Merupakan pendekatan jangka pendek dengan menggunakan angka rata-rata yang dapat menyesatkan
-         Kurang memperhitungkan jangka waktu investasi

·        Metodemasapengembalianinvestasi

Metodeinimencobamengukurseberapacepatinvestasibisakembali, karenanyadasar yang digunakanadalahalirankas, bukanlaba.Namun problem utamanyaadalahsulitnyamenentukanperiode payback maksimum yang disyaratkan, untukdipergunakansebagaiangkapembanding.Dalamprakteknya, yang dipergunakanadalah payback umumnyadariperusahaan-perusahaan yang sejenis.
Kelemahanlaindarimetodeiniadalahdiabaikannyanilaiwaktuuangdandiabaikannyaalirankassetelahperiode payback. Akhirnyakelemahanpertamadiatasiolehmetode Discounted Cash Flow. Misalnyaproyek A denganinvestasi 20 juta, denganusiaekonomis 6 tahun, memilikialirankas 6.5 juta per tahun. Proyek B denganinvestasi 20 jutajuga, usiaekonomis 10 tahun, alirankas 6 juta per tahun. Tingkat bunga yang dianggaprelevanadalah 10 %.Makadalamwaktukurang 4 tahun, investasiAakankembali, sedangkan B membutuhkanwaktulebih 4 tahun. Namunsecara total investasi B akanmemberikantambahankas yang lebihbanyak (karenausiaekonomis yang lebih lama). Jadidengan DCF inihanyamenyelesaikanmasalahdiabaikannyaniaiwaktuuang saja, tetapi belum dapat mengatasi masalah diabaikannya aliran kas setelah periode payback. Namun demikian cara ini tetap populer digunakan, namun hanya sebagai pelengkap penilaian investasi saja, terutama untuk perusahaan yang menghadapi problem likuiditas atau kelancaran keuangan jangka pendek.

·        Net Present Value (NPV)
Metode Net Present Value adalah menghitung selisih antara nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang penerimaan kas bersih (operasional maupun terminal cash flow) di masa yang akan datang.
Keuntungan dari metode Net Present Value ini :
    -      Memperhatikan nilai waktu dari pada uang (time value of money)
    -      Mengutamakan aliran kas yang lebih awal
    -      Tidak mengabaikan aliran kas selama periode proyek atau investasi

Kelemahan dari metode Net Present Value adalah :
    -      Memerlukan perhitungan Cost Of  Capital sebagai Discount Rate
    -      Lebih sulit penerapannya dari pada Pay Back Period

·        Profitability Indeks (PI)
metode ProfitabilityIndex adalah menghitung melalui perbandingan antara lain nilai sekarang (present value) dari rencana penerimaan–penerimaan kas bersih di masa yang akan datang dengan nilai sekarang (present value) dari investasi yang telah dilaksanakan, jadi perhitungan profitability Index dapat dihitung dengan membandingkan antara Present Value kas masuk dengan Present Value kas keluar.
Keuntungan metode Profitability Index :
    -      Memperhitungkan nilai waktu dari pada uang (time value of money)
    -      Menentukan terlebih dahulu tingkat bunga yang akan digunakan
-        Konsisten dengan tujuan perusahaan, yaitu memaksimalkan kekayaan pemegang saham.

Kelemahan metodeProfitability Index :
-         Dapat memberikan panduan dan pilihan yang salah pada proyek-proyek-proyek yang mutually exsclusive yang memiliki unsure ekonomisdanskala yang berbeda

·        Metode Internal Rate of Return (IRR).
Internal Rate of Return (IRR) adalah Tingkat sukubunga yang menyebabkan penerimaan ekuivalens uatu cash flow sama dengan pembayaran ekuivalen cash flow tersebut. IRR menjelaskan persentase atau tingkat pengembalian unre covered balance dari suatu investasi.

Perencanaankeuangan

·        Mengapa perusahaan membutuhkan dana

Perusahaan jelas membutuhkan dana agar perusahaan yang dikelolanya dapat terus berjalan. Dana merupakan factor penting yang wajib dimiliki suatu perusahaan, tanpa dana perusahaan tidak dapat berdiri.



Sumber:
http://diansari.students.perbanas.ac.id/2012/10/29/manajemen-keuangan/
http://sunethz.blogspot.com/2011/06/kelebihan-dan-kelemahan-dari-masing.htm

 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar