Kamis, 22 November 2012

Teknik Analisis Meramalkan Kas Perusahaan


KEUANGAN PERUSAHAAN 

Pengertian Perusahaan Keuangan

Perusahaan Keuanganadalahlembaga yang melaksanakanfungsiutamamenyalurkandana yang berlebih (surplus) kepadamereka yang kekurangandana (defisit) Adapunjenis-jenisperusahaankeuanganadalahsebagaiberikut:

a. Bank Komersial (Commercial Banks) :
lembagasimpanan yang memiliki asset utamaberupapinjamandankewajibanutama lain yaitutabungan (deposits)
b. Thrifts :
lembagasimpanandalambentuktabunganataupinjaman, savings banks dan credit unions.
c. Perusahaan asuransi :
lembagakeuangan yang menjagaindividudanperusahaan (policy holders)  dari even/kejadian yang buruk.
d. Perusahaan sekuritasdanbank investasi :
lembagakeuangan yang menjaminsekuritasdanterlibatdalamkegiatansehubunganseperti broker suratberharga, jualbelisuratberharga, danmenghasilkanpasardimanasuratberhargadiperdagangkan.
e. Perusahaan Pembiayaan (Finance companies) :
Lembagapenghubungkeuangan yang memberipinjamankepadaindividudanbisnis.
f. Reksadana (Mutual Funds) :
lembagakeuangan  yang menawarkanrencanasimpanandimanadanamilikpartisipanmengakumulasitabunganselamatahunbekerjamerekasebelumdiambilselamatahunpenisunmereka.

Estimasi penjualan
peramalanpenjualan, yaitumerupakanramalan unit dannilaiuangpenjualansuatuperusahaan.Penyusunanperencanaankeuanganapabiladisajikandenganbenar, makainformasitersebutakanbergunabagipihakmanajemenperusahaandalamrangkapengembanganusaha yang dilakukan. Apabilaperencanaankeuangandilakukansecaratepatmakapihakmanajemenperusahaanmampuuntukberusahasecaramaksimaldalamrangkapencapaiantujuan yang telahditetapkan.

 

Estimasi Biaya Produksi

Estimasibiayaproduksimerupakanlangkah yang penting di dalamkegiatanmanufacturing.Biaya-biaya yang berstrykturdalamhaliniakanbisadiklasifikasikandalamtigakomponenbiayautamayaitu :

1. Biaya material langsung
Yaituberupapembiayaan yang dikeluarkauntukpengadaan material yang diperlukanlangsunguntukmenghasilkanproduk.

2. Biayapekerjaanlangsung
Yaitubiaya-biaya yang dikeluarkanuntukmembayarupahparapekerjalangsung (operatormesinmisalnya).

3. Biaya overhead
Yaitubiaya-biayaproduksi yang dikeluarkanselainuntukbiaya material ataupekerjalangsung.Sebagaicontohbiaya material untukpekerjatidaklangsungadalahbiaya overhead.
 
     Estimasi Pembelian Bahan Langsung
Didasarkanpadaanggaranpenggunaanbahanlangsung.
Digunakansebagaiacuandalammembuatanggaranbiayaproduksi.
Data yang diperlukan :
-          Hargabelibahanbaku
-          Tingkat persediaanawal
-          Target persediaanakhir

     Estimasi Pemakaian Bahan Langsung
Budget kebutuhanbahanbakuhanyamemuatkuantitaskebutuhanbahanbaku yang diperlukan. Untukmenghìtungjumlahbìayapemakaianbahanbakumasihdiperlukan data hargasetiapjenisbahanbaku per unit yang diperlukanuntuk proses produksi. Olehkarenaitu, budget biayapemakaianbahanbakumerupakankuantitasbahanbakudikalikandenganhargasetiapjenisbahanbaku per unit.
Perhítungantersebuttentusajahanyaberlakujika'harga per unit bahanbakutetapsepanjangperiode budget. Jikaterjadiperubahanharga per unit, makametoda-metodaaliranbiayapersediaan yang digunakanperludipertimbangkan, yaitumetoda FIFO, metoda LIFO, danmetoda rata-rata.
Upah   Langsung.
Upahlangsungadalahupah yang di berikanatasanataumanajertanpaataulewatperantara, upahini di berikanlangsungkepadaorangnyalangsungatauakepadakaryawanitusendiri.tidak di lakukandengansistemkartukredit.

Estimasi Beban Fabrikase.
adalahestimasi yang menjelaskantentangbebanpabrikasi



Estimasi Beban Penjualan
Estimasibebanpenjualanadalah bebansiepenjualkarenaterdapatbeberapafaktor   yang membuatperusahaanatausiepenjualoelehpihak-pihaktertentu.
Misalkanbebanpajak, kerusakanbarang-barang, apapun yang membuatperusahaan    menjadibeban.
 
Estimasi Beban Administrasi:
Bebanadministrasiperusahaan yang fokusdarikepentinganpolitikpadasaatini. BadanPenelitianEimestimasi total biayaadministrasi di sektorpekerjaansementara.
Penyebabutamadariukuranbiayaadministrasi di sektorpekerjaansementaraadalah :
1.    Tingginyajumlahpekerjapekerjaansementaradantingginyalajuperubahanpadapekerjapekerjaansementara (rata-rata tahunan: 1,3jutapendaftaran, 1,1 jutapenempatandan 15,6 jutapembayaranremunerasi)
2.   Perubahanundang-undangbanyakdanperubahankecil yang menghadapisektorpekerjaansementara
3.   Penerapansistempembayaranremunerasimingguan (bukanbulananatau per 4 minggu), yang melekatpadapenggunaanpekerja flex.
 
Estimasi Laba Rugi
Estimasilabarugiadalahlaporankeuangansuatuperusahan yang menunjukankeuntunganataukerugian.dimanasemualaporankeuangan di tunjukanpadaestimasiini, karenadenganestimasiiniperusahaaninibisamengetahuiapakahperusahaaninimendapatkankeuntunganataulabaataupunmemperolehkerugian.
Rekening-rekeninglaporanlabarugiadalahsuatulaporan yang sistematistentangpenghasilan, biaya, rugilaba yang diperoleholehsuatuperusahaanpadasuatuperiodetertentu, yaitumeliputi:
a. Labamerupakankenaikan modal saham yang dimilikiolehperusahaan yang berasaldaripendapatanoperasionalperusahaan.
b. Rugiyaitumerupakanpenurunan modal saham yang diakibatkandaritransaksi yang dilakukanolehperusahaanpadasuatuperiodetertentu. 

ESTIMASI  KAS

# Budget Kasadalah budget yang merencanakansecaralebihterperincitentangjumlahkasbesertaperubahan-perubahannyadariwaktukewaktuselamaperiode yang akandatang, baikperubahan yang berupapengeluarankas, maupun yang berupapenerimaankas.

# Budget kasdibedakandalamduabagian, yaitu:

1. Estimasipenerimaan-penerimaankas yang berasaldari : hasilpenjualantunai; piutang yang berkumpul; penerimaanbungadevident; hasilpenjualanaktivatetap, danpenerimaan-penerimaan lain.

2. Estimasipengeluarankas yang digunakanuntuk :pembelianbahanmentah; pembayaranutang-utang ; pembayaranupahburuh; pengeluaranuntukbiayapenjualan, premiasuransi; pembelianaktivatetapdanpengeluaran-pengeluaran lain.

Tujuan penyusunan anggaran kas bagi pimpinan perusahaana dalah untuk mengetahui :

1. Kemungkinanposisikassebagaihasilrencanaoperasinyaperusahaan

2. Besarnyadanabesertasaat/kapandanatersebutdibutuhkanuntukmenutupdefisitkas

3. Saatkapankreditdibayarkembali.

# Tahappenyusunan budget kas:

1. Penyususunestimasipenerimaandanpengeluaranmenurutrencanaoperasionilperusahaan (transaksinyaadalahtransaksioperasional).

2. Menyusunperkiraanatauestimasikebutuhandanaataukreditdari bank atausumber-sumberdanalainnyayangdiperlukanuntukmenutupdefisitkaskarenarencanaoperasinyaperusahaan. Jugadisusunestimasipembayaranbungakredittersebutbesertawaktupembayarannyakembali (transaksinyaadalahtransaksifinansiil)

3.Menyusunkembaliestimasikeseluruhanpenerimaandanpengeluaransetelahadanyatransaksifinansildanbudgetkas yang final inimerupakangabungandaritransaksioperasionaldantransaksifinansial yang menggambarkanestimasipenerimaandanpengeluarankaskeseluruhan


http://dyahnawangwulan.blogspot.com/2010/12/teknik-analisis-meramalkan-kas.html
http://wahyudanu93.blogspot.com/2012/01/bab-12-teknik-analisis-meramalkan-kas.html
http://marchtavaissta.wordpress.com/2012/01/06/
http://isyeonlieone.blogspot.com/2012/01/normal-0-false-false-false-en-us-x-none_14.html
http://arvie13.blogspot.com/2012/03/estimasi-biaya-produksi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar