Jumat, 17 Januari 2014

Bagaimana Menyelamatkan Koperasi Indonesia agar Keberadaannya Masih Ada ?


Tidak dipungkiri koperasi dapat membantu poemerintah dalah mengurangi pengangguran. Namun perkembangan koperasi di Indonesia sangat lambat, bahkan hampir tidak ada. Padahal jika koperasi banyak berkembang maka banyak pula usaha kecil yang kan berkembang, yang tentunya juga akan menambah penghasilan negara malalui pajak.

Agar hal tersebut terwujud, diperlukan usaha-usaha dalam menyelamatkan koperasi Indonesia agar tetap ada. Berikut ini usaha-usaha yang dapat dilakukan.

1.      Membuat Koperasi Menjadi Lebih Modern

Pemerintah telah berencana membangun koperasi modern yang tersebar diseluruh Indonesia. Koperasi modern disini yaitu koperasi yang dilengkapi dengan fasilitas teknologi  (IT),dan tampilan yang lebih modern pula, dari mulai bangunan hingga pelayanan yang juga di desain secara modern guna menarik banyak anggota.

2.         Mengadakan Sosialisasi Tentang Koperasi.

Sosilisasi tentang koperasi sangat perlu dialakukan, agar masyarakat mengenal lebih dalam tentang koperasi  itu sendiri. Di era sekarang ini orang sangat jarang mendengar tentang koperasi, mendengar-pun jarang bagaimana orang mau mengenal koperasi. Masalah koperasi hanyalah di mata pelajaran tetapi tidak ada dalam kehidupan sehari-hari.

3.       Perbanyak Lagi Dana untuk Pembangunan Koperasi

Hal ini sangat penting untuk perkembangan koperasi Indonesia. Dana merupakan hal yang dibtuhkan untuk pembangunan sarana dan prasrana koperasi. Dana pula salah satunya yang dapat mewujudkan rencana pengembangan koperasi.

4.       Buka Lowongan Keraja Koperasi dengan Persyaratan yang Kompeten

Pegawai koperasi yang kompeten dapat memberikan inspirasi baru dan kreatifitas yang baru pula guna memberikan kesegaran dalam koperasi.

5.       Pemberian Gaji yang Cukup

Pemberian gaji yang cukup dapat mengundang para pelamar kompeten untuk melamar di koperasi ini.

6.       Pemenuhan Atas Kebutuhan Anggota Koperasi

Pemenuhan kebutuhan anggota koperasi juga penting dilakukan, hal ini akan membuat anggota koperasi dapat terus berada dalam koperasi. Adanya anggota akan membuat koperasi tetap hidup.

7.       Pemenuhan Atas Kebutuhan Pegawai Koperasi

Pemenuhan kebutuhan pegawai koperasi penting dilakukan untuk mempertahankan para pegawai bekerja dikoperasi dan terun memberikan kreativitasnya dengan leluasa.

Hal daiatas dapat dilakukan dengan bantuan semuanya, maksudnya dengan bantuan pemerintah maupun dengan bantuan msyarakatnya sendiri. Hal daiats pun hanya sebagian kecil saja yang dapat dilakukan, masih banyak lagi hal yang dapat dilakukan baik pemerintah maupun msyarakat sendiri.
Semoga hal diatas dapat dilakukan dengan baik, bahkan dapat dilakukan dengan lebih baik lagi, agar koperasi tetap masih ada dan berkembang lebih baik lagi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar