Minggu, 19 Januari 2014

Koperasi Pncasila


Sistem Ekonomi Pancasila adalah “aturan main” kehidupan ekonomi atau hubungan-hubungan ekonomi antar pelaku-pelaku ekonomi yang didasarkan pada etika atau moral Pancasila dengan tujuan akhir mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Etika Pancasila adalah  landasan moral dan kemanusiaan yang dijiwai semangat nasionalisme (kebangsaan) dan kerakyatan, yang kesemuanya bermuara pada keadilan sosial bagi seluruh rakyat. Intisari Pancasila (Eka Sila) menurut Bung Karno adalah gotong-royong atau kekeluargaan, sedangkan dari segi politik Trisila yang diperas dari Pancasila adalah Ketuhanan Yang Maha Esa (monotheisme), sosio-nasionalisme, dan sosio-demokrasi.

Atas dasar tersebut Koperasi pancasila tidak semata-mata mencari keuntungan saja, namun koperasi pancasila juga berlandaskan pada Ketuhanan Yang Maha Esa. Dengan berlandaskan hal tersebut koperasi pancasila mempunyai moral dan etika yang baik dan berakhlak. Ketika moral dan etika sudah berakhlak, tak sulit arasanya melakukan pembangun untuk Indonesia. Dalam hal pembangunan apaun kita dapat lakasanakan jika memang moral dan etika sudah berakhlak.

Koperasi yang berasaskan  pancasila dianggap sesuai dengan pandangan masyarakat Indonesia. Pancasila yang  pertama kali  diucapkan oleh Ir. Sukarno dianggap sangat sesuai dengan pandangan masyarakat Indonesia. Tidak ada lagi  yang pas untuk Indonesia selain pancasila. Kebudayaan serta adat istiadat Indonesia yang sangat beragam membuat Indonesia memilih  pancasila untuk mempersatukan semuanya tanpa ada perbedaan.

Hal tersebut diharapkan dapat dilakukan pula dalam kegiatan koperasi. Koperasi yang menjunjung kebersamaan dan kesejahteraan anggotanya sekiranya dapat seiring dengan pandangan ideologi pancasila.
Banyak hal yang membedakan koperasi dengan ideologi pancasila dan koperasi dengan idologi selain pancasila.

Koperasi Pancasila tidak semata-mata bersifat materialistis, karena berlandaskan pada keimanan dan ketakwaan yang timbul dari pengakuan kita pada Ketuhanan Yang Maha Esa. Keimanan dan ketakwaan menjadi landasan spiritual, moral dan etika bagi penyelenggaraan ekonomi dan pembangunan. Dengan demikian sistem koperasi Pancasila dikendalikan oleh kaidah-kaidah  moral dan etika, sehingga pembangunan nasional kita adalah pembangunan yang berakhlak.

Koperasi yang berlandaskan Pancasila berakar di bumi Indonesia. Meskipun ekonomi dunia sudah menyatu, pasar sudah  menjadi global, namun ekonomi Indonesia tetap diabadikan bagi kesejahteraan dan kemajuan bangsa Indonesia.


Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar