Minggu, 19 Januari 2014

Koperasi dalam Segitiga Strategis



Untuk menganalisis keunggulan koperasi harus ada tiga pemain yang diperhitungkan. Ketiga pemian itu adalah koperasi itu sendiri (cooperative), para anggota atau anggota potensial (member atau potential members) dan pesaing (competitor). Masing – masing dari komponen strategis tersebut sering disebut ”The Third’s C Strategic” (customer / members, cooperative dan competitor).



Mengingat Koperasi adalah organisasi bisnis yang bertujuan meningkatkan taraf hidup anggotanya dan ini merupakan tanggung jawab dan tugas ekonomi, maka komitmen anggota harus dilihat hanya dari aspek-aspek ekonomi. Keterlibatan anggota terhadap koperasi sangat bergantung dari sejauh mana koperasi dapat menawarkan manfaat-manfaat ekonomi kepada para anggotanya, dan yang merupakan nilai nyata dari manfaat tersebut adalah besarnya hasil lebih dari perbandingan antara biaya-biaya transaksi dengan efisiensi pemasarannya. Factor yang terpenting sebagai pengikat komitmen anggota adalah manfaat-manfaat pasar koperasi dan biaya-biaya transaksi yang dihasilkan dari pertukaran barang. Biaya transaksi yang rendah yang mengakibatkan barang koperasi lebih kompetitif adalah kunci terpenting dalam bisnis dengan anggota.

Namun seperti yang telah dilansir oleh Yuyun Wirasasmita (1991), pada kebanyakan koperasi saat ini masih menunjukkan hal – hal sebagai berikut :
a)     Fungsi dan tujuan koperasi tidak seperti yang diinginkan oleh anggota
b)     Struktur organisasi dan proses pengambilan keputusan sukar dimengerti dan dikontrol, struktur organisasi dari sudut pandang anggota dianggap terlalu rumit.
c)      Tujuan koperasi dari sudut pandang anggota sering dianggap terlalu luas atau terlalu sempit.
d)     Perusahaan koperasi dengan para manajernya sangat dianggap terhadap arahan pengurus dan atau pemerintah tetapi tidak tanggap terhadap arahan anggota.
e)     Fasilitas koperasi terbuka juga bagi nonanggota sehingga tidak adak perbedaan manfaat yang diperoleh anggota dan nonanggota.

Sumber: 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar