Minggu, 19 Januari 2014

Ruang Lingkup Koperasi


Ekonomi koperasi membahas tengang peranan ilmu ekonomi dalam mengembangkan koperasi. Ilmu ekonomi yang dimaksud terutama dari ilmu ekonomi .ikro karena koperasi dipandang sebagaj unit usaha yang mempunyai tujuan ekonomi.hanya saja ada perbedaan tujuan ekonomi koperasidengan unit usaha yang bukan koperasi. Umunya unit isaha koperasi bukan koperasi bertujuan mencarikeuntungan .aksimal, sedangkan koperasi selain bertujuan mencari keuntungan juga melakukan pelyanan kepada anggotanya.

Pembahasan mikroekonomi koperasi di.ulai dengan pengenalan koperasi dalam sistem pasar. Koperasi sebagai bagian dari sistem pasar akan bersaing dengan unit usaha lai  dalam pasaryang sama-sama memberikan pelyanan kepada anggota masyatakat, sehingga faktor keunggulan komparatif sangat penting bagi eksistensi koperasi. Dasar yang digunakan dalam menetahui keunggulan bersaing adalah efisiensi usaha, artinya hanya unit usaha yang mempunyai tingkat efisiensi tertinggi yang mempunyai keunggulan bersaing dalam sistem pasar yang demikian luas.

Teori yang digunakan dalam mencari keunggulan bersaing adlah teori konomi mikro konvensional tentang mekanisme pasar. Teori tersebut  akan diuji kemampuannya dalam menjelaskan posisi persaingan koperasi dengan perusahaan nonkoperasi. Asumsi yang me etapkan harga denganpri sip laba maksimal, sedangkankoperasi menetapkan harga berdasarkan prinsip maksimisasi pelayanan.

Kelemahan teori ekonomi mikro konvensional dalqm menganalisis koperasi adalah hanya menggunakan biaya produksi dqn tidak di.aksudkkannya unsur biaya transaksi.

Sisi lai  dari ekonomi koperasi adlah perlu dibahasnya kewirausahaan koperasi mengingat ada beberapa perbedaan polq kewirausahaan koperasi dengan pola kewirausahaan pada nonkoperasi. Kewirausahaan koperasi perlu dibahas karena kemajuan koperasi akan snagat tergantung pada kemqmpuan,kemauan dan kewenangan bertindak pada wirausaha koperasi. Tugas wirakop ini di samping inovator, juga sebgai pengendali dalam pertunbuhan koperasi.

Sumber:
Kusnadi, Hendar, Ekonomi Koperasi , Jakarta: Lemabaga Penerbit FE-UI, 1999

Tidak ada komentar:

Posting Komentar