Minggu, 19 Januari 2014

Lidah Buaya dan Manfaatnya


Lidah Buaya dan Manfaatnya
Lidah Buaya (Aloe vera; Latin : Aloe barbadensis Milleer), tumbuhan ini sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu. Lidah buaya diperkirakan sudah ada sekitar tahun 3500 sebelum masehi pernyataan ini ssesuai dengan hasil penemuan George Ebers pada tahun 1862 yang menemukan kertas terbuat dari lidah buaya. Spesies lidah buaya di dunia diperkirakan mencapai angka 2000, tersebar di berbagai belahan dunia. Tumbuhan ini dapat dengan mudah dijumpai di lokasi kering di Afrika. Selain di Afrika, lidah buaya juga tumbuh subur di Indonesia hal ini dikarenakan suhu dan cuaca di Indonesia cenderung panas, sehingga sesuai dengan habitat dari lidah buaya. Tanaman ini juga dapat dijumpai di gurun sehingga tanaman ini dijuluki sebagai "Lily of Dessert". Di Indonesia tanaman ini di tanam di pot ataupun pekarangan rumah. Tanaman ini juga tidak memerlukan perlakuan khusus  untuk menanamnya, cukup pemberian air, pupuk yang teratur serta sinar matahari yang optimal.

Ø  Berikut adalah tabel  klasifikasi dari  lidah buaya : 

                    Kingdom
Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom
Tracheobionta (Tumbuhan dengan pembuluh)
Super Divisi
Spermatophyta (Menghasilkan bebijian)
Divisi
Magnoliophyta (Tumbuhan dengan bunga)
Kelas
Liliopsida yakni tumbuhan berkeping satu atau monokotil.
Ordo
Asparagales
Famili
Asphodelaceae
Genus
Aloe
Spesies
Aloe vera L.

Ø  Lidah buaya ini memiliki ciri-ciri yaitu:

a)     Daunnya agak pendek dan bergerigi pada bagian pinggirnya.
b)     Batangnya pendek, sering tidak terlihat, karena batang tumbuhan lidah buaya ini memiliki ukuran yang pendek dan kecil dari daunnya.
c)      Pada bagian dalam daunnya terdapat gel yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dll
d)     Panjang daunnya 15-36cm, memiliki lebar 2-6 cm.
e)     Tumbuhan ini sekilas seperti hanya daun saja, tetapi jika tumbuhan ini sudah tua dan tumbuh besar, ternyata tumbuhan ini memiliki bunga bertangkai yang panjangnya 50-60cm , serta memiliki warna kuning kemerahan.
f)       Hidup di tempat yang memiliki suhu panas.
Menurut hasil penelitian, tanaman ini kaya kandungan zat-zat seperti  enzim, asam amino, mineral, vit., polisakarida dan komponen lain yang amat berguna untuk kesehatan. Dan hasil penelitian yang dilakukan ilmuwan asal Amerika Serikat menyebutkan bahwa dalam Aloevera barbadensis miller terdapat beberapa zat yang bisa berfungsi sebagai antioksidan . Antioksidan itu berguna untuk mencegah penuaan dini, serangan jantung, dan beberapa penyakit degeneratif.
Tak hanya untuk kesehatan dalam era yang modern ini pemanfaatan lidah buaya juga merambah pada alat kecantikan untuk wanita, yaitu digunakan dalam barang-barang kosmetik misalnya, digunakan sebagai obat penghilang jerawat. Manfaat lain dari aloe vera (lidah buaya) ini juga dikemukakan dalam penelitian dan pengungkapan para ahli, yaitu:
1.        Seorang peracik obat-obatan tradisional berkebangsaan Yunani bernama Dioscordes, menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengobati berbagai penyakit. Misalnya bisul, kulit memar, pecah-pecah, lecet, rambut rontok, wasir, dan radang tenggorokan.

2.       Dalam laporannya, Fujio L. Panggabean, seorang peneliti dan pemerhati tanaman obat, mengatakan bahwa keampuhan lidah buaya tak lain karena tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh manusia. Hasil penelitian lain terhadap lidah buaya menunjukkan bahwa karbohidrat merupakan komponen terbanyak setelah air, yang menyumbangkan sejumlah kalori sebagai sumber tenaga.

3.       Menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel.

4.       Dalam penelitian yang dilakukan Freddy (2008, dalam Tenny, 2008) ditemukan bahwa di dalam lidah buaya (aloe vera) terdapat banyak unsur mineral dan ada juga yang berfungsi sebagai anti oksidan alami, misalnya vitamin C, vitamin E dan Zinc sehingga dengan kandungan zat tersebut, lidah buaya dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus yang tidak tergantung insulin, dimana lidah buaya berperan dalam menstimulasi pankreas sehingga fungsi pankreas yang terganggu dapat diperbaiki dengan membangun kembali sel dan jaringan pankreas yang rusak.

5.       Menurut Furnawanthi (2002), lidah buaya merupakan tanaman yang fungsional karena semua bagian dari tanaman ini dapat dimanfaatkan, baik untuk perawatan tubuh maupun untuk diolah menjadi makanan hingga untuk mengobati berbagai penyakit yang salah satunya untuk menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes.

Dilihat dari keterangan serta hasil penilitian oleh beberapa para ahli diatas, jelas terlihat banyak sekali manfaat yang dapat diberikan oleh tanaman yang memiliki bahas latin Aloe vera L. . Lidah buaya juga merupakan tananaman yang cukup unik karena mengandung berbagai senyawa biologis aktif seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon dan berbagai lektin. Lidah buaya juga mengandung sekitar 75 jenis zat yang telah dikenal bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa lain yang membuatnya layak digunakan dalam pengobatan herbal.
Pada perkembangan zaman sekarang ini banyak orang yang memilih untuk berobat herbal, karena obat herbal tidak ada efek samping dalam penggunaannya baik jangka pendek maupun jangka panjang. Dalam pemanfaatannya terkadang lidah buaya ini tidak perlu untuk diolah menjadi kapsul ataupun bentuk lain, misalnya dalam penggunaannya sebgai obat P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) lidah buaya ini cukup diambil daunnya lalu oleskan gel pada bagian yang luka begitu pula pdalam penggunannya sebagai obat sengatan serangga, hanya memerlukan gel dalam daun lalu mengoleskannya pada bagian yang disengat. Hal inilah yang menyebakan lidah buaya yang memiliki banyak manfaat dalam pengobatan  ini gencar untuk dibudidayakan. Jika tumbuhan lidah buaya ini dapat dikembangkan dengan baik, tidak menutup kemungkinan tanaman ini dapat dijadikan komoditas ekspor impor yang menjanjikan, yang nantinya akan mendatangakan devisa bagi negara.

1 komentar:

  1. uraian anda tentang manfaat lidah buaya sangat inspiratif, sepertinya tidak ada salahnya jika menanam beberapa lidah buaya di sekitar rumah.
    manfaat lidah buaya untuk wajah

    BalasHapus